My Life = My Adventure

Sharing all about my life, my adventure, my collection, and whatever I wanna write

  • C a l e n d a r

    June 2009
    M T W T F S S
    « May   Jul »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Categories

  • Archives

  • Post A Day 2011

  • Sponsor

    Free Domain
  • dewy_azura

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Penerimaan 300 Ribu CPNS Seluruh Indonesia Usai Pilpress

Posted by Zura on June 10, 2009

Hello, people… Watcha doing now? 

Mm, sekarang aq mo posting pake Bahasa Nasional aja dech, Bahasa Indonesia tercinta. Jadi prihatin sama beberapa anak Indonesia sekarang, yang bahkan belum lancar pake Bahasa kebangsaan. Kayak itu tuch, Miss Indonesia 2009. Aq denger gosip dia belum lancar Bahasa Indonesia (tapi sedang dalam tahap memperlancar Bahasa Indonesianya).. Huuh, tape dech… Dan beberapa orang terkenal ato mendadak terkenal lainnya.. Hehehe, you know what I mean if you keep your eyes on Indonesian booming news… Masih mending aq yang belum lancar Bahasa Inggris daripada belum lancar Bahasa Indonesia😆 Sorry kalo ada yang tersinggung.. Just wanna make a joke.😀 Ok! Forget it, back to our topic today…

kop_setneg

Here it is, berita yang dinanti nanti setelah gaji PNS yang selalu naik, PENERIMAAN CPNS 2009! Kabarnya nich, Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara akan menyediakan 300.000 kursi bo…. ! Gila g’ tuch, makanya buruan urus segala pernak pernik dokumen untuk melamar CPNS. Bagi yang belum punya KTP, bikin KTP sekarang. Secara gitu, bikin KTP sekarang lamanya minta ampuuuunnnn….😛 Begitu juga another required documents. No worry, be hurry! Mumpung masih ada waktu.🙂 Aq kutip sedikit yach, berita yang beredar di media.. Moga-moga pihak Riau Pos g’ keberatan. Hehehe…

JAKARTA (RP) – Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Taufiq Effendi mengatakan kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 2009 sebanyak 300 ribu orang. Kuota itu akan dibagi untuk 33 provinsi seluruh Indonesia dan sudah termasuk pengangkatan pegawai honorer.

“Awal Juli ada pembahasan dengan semua kepala daerah terkait pembagian kuota CPNS tersebut,” ujar Taufiq di Jakarta, Selasa (9/6).

Tes penerimaan CPNS, lanjut dia, baru dilakukan setelah pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 8 Juli 2009. Tetapi, dia belum bisa memastikan bulan dan tanggal tepatnya karena masih harus berkoordinasi seputar teknis pelaksanaannya. Menurut dia, tes CPNS dilakukan setelah Pilpres 2009 guna menghindari unsur politik dalam penerimaan PNS. “Agar lebih netral dan hasilnya bertanggung jawab,” terangnya.

Kuota CPNS 2009 secara nasional telah mendapat persetujuan Menkeu. Jadwal penyelenggaraan CPNS bergantung dari keluarnya kuota secara nasional. Seperti tahun-tahun sebelumnya, setelah ditetapkan kuota secara nasional, bakal ada rapat lanjutan dimana akan dibagi, kuota untuk masing-masing daerah oleh Men-PAN. “Itu dengan mempertimbangkan, usulan keperluan daerah,” ujarnya.

Pada 2008, Men-PAN sudah menegaskan, agar seluruh Pemda mengirimkan usulan keperluan CPNS dalam dua Tahun Anggaran (TA). Dan usulan itu pun sudah diajukan ke Men-PAN. Jumlah kuota pada 2009 ini agaknya tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2008. Ketika itu Men-PAN menyiapkan kuota sekitar 300 ribu PNS yang akan ditempatkan di seluruh Indonesia. Mereka mengalokasikan 250 ribu formasi untuk pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota serta 50 ribu formasi untuk pemerintahan pusat. Jumlah efektif yang akan dialokasikan untuk pelamar umum ketika itu adalah 217.000 formasi. Lainnya, 83 ribu formasi dialokasikan untuk pemenuhan keperluan tenaga honorer di pusat dan daerah.

Jumlah 83 ribu formasi untuk honorer itu dibagi lagi menjadi 17 ribu formasi untuk tenaga honorer di instansi pusat dan 68 ribu formasi untuk tenaga honorer di daerah. Jumlah tenaga honorer yang diterima pada 2008 mencapai 920.702 orang. Sisanya yang belum diselesaikan 163.565. Untuk PNS non-honorer, alokasi untuk setiap instansi ditentukan berdasar permintaan setiap instansi dan pemerintah daerah.

Sebelumnya pernah diberitakan, Deputi Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (Meneg PAN) Bidang Sumber Daya Manusia Ramli Effendi Naibaho menyatakan seleksi CPNS akan dilaksanakan sebelum Pilpres. Saat itu, Ramli juga mengatakan untuk formasi CPNS 2009, prioritas utamanya adalah guru, disusul tenaga medis, paramedis, baru kemudian tenaga-tenaga yang menunjang peningkatan perekonomian daerah setempat. Contohnya, kalau suatu daerah itu potensi perekonomiannya di sektor kehutanan, maka akan direkrut CPNS tenaga penyuluh kehutanan. Bagi daerah yang berbasis ekonomi pertanian, akan direkrut tenaga penyuluh pertanian, dan seterusnya.

Untuk formasi guru, Kementerian PAN menurutnya sudah punya formula khusus untuk menghitungnya. Misalnya untuk formasi guru Taman Kanak-Kanak (TK), tergantung dari jumlah siswanya, yakni dengan rasio satu guru 15 siswa. Sedangkan untuk guru SMP, satu guru 20 siswa. “Kondisi geografis daerah juga menjadi alat ukur untuk menentukan jumlah formasi,” ujar Ramli.

Di luar itu semua, lanjut Ramli, jumlah formasi juga dipengaruhi oleh kemampuan keuangan negara yang akan digunakan untuk menggaji PNS. “Hingga saat ini kita masih menunggu konfirmasi dari Departemen Keuangan,” ucap nya.

Kabar menggembirakan lainnya datang dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Saat meresmikan IKIP PGRI Semarang, SBY berbalas pantun dengan Ketua PB PGRI Sulistyo. Sulistyo yang mendapatkan giliran pidato pertama di akhir sambutannya membacakan sejumlah pantun yang menunjukkan dukungan tersirat kepada SBY. Berbunyi, antara lain, “IKIP PGRI Semarang kampus guru, kampus pendidikan baru gedungnya. Orang yang senang menyejahterakan guru, pasti menang banyak pendukungnya.” Dia menyambungnya dengan menyertakan slogan kampanye SBY yang biasa digunakan di media massa. Bunyinya: “Tidak semua ular pasti berbisa, ular biru tidak terkalahkan. Prioritas pendidikan pasti bisa, jangan ragu terus lanjutkan.” Sulistyo juga berharap pemerintah meningkatkan kesejahteraan guru.

Mendapatkan pantun tersebut, saat tiba giliran berpidato, SBY memberikan jawaban. “Dari bukit Salawah berkunjung ke Danau Kintamani, peraturan pemerintah tentang tunjangan profesi guru telah ditandatangani,” ujarnya di depan ribuan anggota PGRI. Sontak pemberitahuan SBY melalui pantun tersebut mendapat tepuk tangan dari anggora PGRI. Apalagi bagi para guru, penandatanganan Peraturan Pemerintah itu yang sangat ditunggu-tunggu.

Sumber : Riau Pos, 10 Juni 2009

Ok, Viva untuk seluruh generasi penerus Bangsa Indonesia! Mudah-mudahan dengan prestasi atau apapun bentuk kebaikan yang kita perbuat, bisa selalu berguna dan bahkan bisa mengharumkan nama negeri tercinta kita ini. Amin…😀 Sekian dulu ceramah kita hari ini, halah… Wasalam, love you all!😉

6 Responses to “Penerimaan 300 Ribu CPNS Seluruh Indonesia Usai Pilpress”

  1. […] Penerimaan 300 Ribu CPNS Seluruh Indonesia Usai Pilpress […]

  2. lidan said

    I’m a honorer teacher in SMK Negeri 3 Tarakan, my expectation can be pointed to be civil servant for the next recruitment of civil servant and government must pay attention well how long have they taught so it must be considered deeply thanks GBU for all readers.

  3. beneran nih

  4. […] Read more from the original source: Penerimaan 300 Ribu CPNS Seluruh Indonesia Usai Pilpress […]

  5. Agus Karsa Yudha said

    Penerimaan PNS tersebut testnya kapanya ?….

  6. rezuli said

    kapan lowongannya di buka ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: